phone: +420 776 223 443
e-mail: support@londoncreative.co.uk

Maraknya Penipuan Lowongan Kerja di Internet

Hai Remaja. . . . .
Judul dari postingan kali ini sedikit menyebalkan bukan?
ya PENIPUAN. . .
Sebenarnya penipuan lowongan pekerjaan ini sudah marak di dunia internet. Kebanyakan dari perusahaan itu adalah perusahaan di bidang outshourcing. Perusuhaan ini bertugas menyalurkan tenaga kerja untuk perusahaan lain yang sedang membutuhkan karyawan untuk perusahaannya.
Perusahaan bentuk outsourcing inilah yang biasanya marak menipu para calon pekerja yang sangat membutuhkan pekerjaan. Dengan menggunakan internet mereka memasang banner di situs situs yang menyediakan info lowongan pekerjaan. mereka akan menulis dengan berlebihan tentang perusahaannya dan salary yang dijanjikan. Sebagiaan calon pelamar pasti akan langsung mengirimkan CV tanpa mencari tau tentang perusahaan tersebut.
Biasanya beberapa hari setelah mengirim CV, pelamar akan di sms untuk datang langsung ke perusahaan tersebut. Kemudian pelamar akan di mintai sejumlah uang dengan janji akan diberikan pekerjaan. Mereka akan mengatakan bahwa uang itu akan di gunakan untuk tes psikotes, kesehatan, dan mendapatkan sertifikat. Tidak tanggung tanggung, biaya untuk itu cukup membuat kita lemas 200 ribu sampai 500 ribu.
Seminggu sudah si pelamar menunggu janji. Ada sebagian yang memang di panggil lagi untuk menempati posisi kerja dan disalurkan ke perusahaan tertentu. Tapi sebagiannya lagi harus gigit jari karena uang ratusan ribu melayang. Setelah melakuakn searching ternyata dia baru menyadari kalau perusahaan itu adalah perusahaan outshourcing.

Remaja. . . . 
Dunia IT adalah dunia yang bebas. Semua orang bisa melakukan penipuan dalam bentuk apapun. Lowongan  pekerjaan, Investasi, Jual - Beli, pemerkosaan via Jejaring Sosial, dan masih banyak lagi.
Sebab itu, yuk kita sama sama waspada dan melakuakn antisipasi diri terhadap penipuan ini.
Hal yang harus kita lakukan sebelum bertindak :

1. Jangan terlalu percaya dengan tulisan yang terlalu manis dan terlalu mengumbar janji. Kita kan bukan semut (loh. . )
2. Coba selidiki tentang PT yang memberikan informasi lowongan pekerjaan di perusahaannya. Biasanya hal ini sudah dibahas di forum - forum dan blog.
3. Datangi DEPNAKER, mereka akan memberikan info kepada kita mengenai perusahaan tersebut.
4. Hiraukan kalau mereka menghubungi teman dengan nada memaksa.
5. Kalau memang sudah terlanjur datang ke perusahaan tersebut, cobalah tenang menghadapi mereka. Kalau mereka jelas jelas meminta sejumlah uang untuk syarat, gunakan seribu alasan untuk tidak memberikan sepeserpun kepada mereka. 300 ribu itu tidak sedikit kan!
6. Kalau mereka tetap mendesak meminta kita untuk membayar, berubahlah menjadi manusia tegas.
7. Langsung ambil ancang - ancang dan pergi.

Baiklah Remaja. . . Semua ini kembali kepada kita. Bagaimana kita bersikap tenang menghadapi mereka, pintar pintarlah mencari info. Karena pasti sudah banyak yang mengalaminya :P




0 komentar: